Kamis, 07 Mei 2009

Mengakali Password Bios

BAGAIMANA "MENGAKALI" PASSWORD BIOS
Password BIOS dapat menambah tingkat keamanan pada komputer deskop dan laptop Anda. Biasanya mereka digunakan untuk mencegah seseorang untuk mengubah pengaturan (setting) BIOS atau untuk mencegah PC melakukan booting tanpa password.
Sayangnya, password BIOS juga bisa dimanfaatkan sebagai sarana ketika seseorang lupa passwordnya, atau mengubah password secara sengaja untuk membuat bingung (menyusahkan) staf di departemen IT. Pengiriman unit2 komputer kembali ke pabrik untuk me-reset password BIOS dapat menghabiskan biaya yang mahal dan biasanya hal itu tidak termasuk dalam garansi.
KEBIJAKAN!
Artikel berikut hanya ditujukan untuk para profesional IT dan Administrator Sistem yang sudah berpengalaman dalam perbaikan hardware komputer. Tidak dianjurkan untuk pengguna rumahan, hacker, atau usaha penyusupan/pencurian komputer untuk meng-crack PC curian. Mohon agar Anda tidak melakukan hal2 berikut ini jika Anda belum terbiasa dengan hardware komputer, dan mohon gunakan informasi ini secara bertanggung jawab. Penulis artikel ini tidak bertanggung jawab atas kesalahan dalam penggunaan tutorial atau disalah gunakan, termasuk yang berkaitan dengan adanya kehilangan data, kerusakan hardware, atau kecelakan diri sendiri.
Sebelum berusaha mem-bypass (menerobos) password BIOS pada sebuah komputer, mohon Anda menyempatkan untuk menghubungi staf pendukung penyedia hardware secara langsung dan bertanya pada mereka mengenai metode2 yang dinajurkan mereka dalam melewati/menerobos keamanan keamanan BIOS. Apabila para staf atau pabrik penyedia hardware tersebut tidak bisa (atau tidak mau) membantu Anda, ada beberapa metode yang dapat Anda gunakan untuk menerobos atau me-reset password BIOS oleh Anda sendiri. Hal ini mencakup:
- Penggunaan password backdoor (rahasia) pabrikan untuk mengakses BIOS
- Penggunaan software password cracking
- Me-reset CMOS dengan menggunakan jumper
- Mencabut sementara baterai CMOS selama kurang lebih 10 menit
- Melakukan overloading terhadap bufer keyboard
- Menggunakan layanan profesional
Mohon diingat bahwa kebanyakan password BIOS tidak melakukan perlindungan terhadap hard drive, jadi jika Anda ingin melakukan pemulihan data, mudahnya Anda ambil dulu hard drive tersebut dan pasanglah pada sistem yang sama, atau silakan dikonfigurasi sebagai drive slave pada sistem lain yang sudah ada. Hal ini pengecualian untuk laptop, khususnya IBM Thinkpads, yang biasanya secara diam-diam mengunci hard drive jika fungsi supervisor password diaktifkan. Jika supervisor password di-reset tanpa pengaturan ulang secara normal, maka data dalam hard drive tidak bisa Anda akses.
Backdoor Passwords [Password rahasia buatan asli pabrikan]
Cukup banyak para pabrikan BIOS yang menyediakan password rahasia yang dapat digunakan untuk mengakses setup BIOS jaga-jaga kalau Anda kehilangan password. Password2 ini bersifat sensitif, jadi mungkin Anda bisa mencoba berbagai macam kombinasi. Mohon diingat bahwa tombol keyboard yang menyatakan "_" dalam keyboard model US sama dengan tombol "?" pada beberapa keyboard tipe Eropa (European). Untuk laptop biasanya mempunyai keamanan BIOS lebih baik ketimbang sistem desktop, dan kami tidak yakin kalau password rahasia ini akan bekerja pada lapop.
PERINGATAN: Beberapa konfigurasi BIOS akan mengunci sistem Anda apabila Anda salah memasukkan password lebih dari 3 kali. Silakan baca dokumentasi pabrikan untuk pengaturan BIOS sebelum Anda mulai mengetikkan password2 tersebut.Password Rahasia BIOS merk Award:
ALFAROME ALLy aLLy aLLY ALLY aPAf _award AWARD_SW AWARD?SW AWARD SW AWARD PW AWKWARD awkward BIOSTAR CONCAT CONDO Condo d8on djonet HLT J64 J256 J262 j332 j322 KDD Lkwpeter LKWPETER PINT pint SER SKY_FOX SYXZ syxz shift + syxz TTPTHA ZAAADA ZBAAACA ZJAAADC 01322222
589589 589721 595595 598598
AMI BIOS:
AMI AAAMMMIII BIOS PASSWORD HEWITT RAND AMI?SW AMI_SW LKWPETER A.M.I. CONDO
PHOENIX BIOS:

phoenix, PHOENIX, CMOS, BIOS
Password Umum lainnya:

ALFAROME BIOSTAR biostar biosstar CMOS cmos LKWPETER lkwpeter setup SETUP Syxz Wodj
Password BIOS lainnya berdasarkan pabrikan pembuatnya. 
Manufacturer: Password
VOBIS & IBM: merlin
Dell: Dell
Biostar: Biostar
Compaq: Compaq
Enox: xo11nE
Epox: central
Freetech: Posterie
IWill: iwill
Jetway" spooml
Packard: Bell bell9
QDI: QDI
Siemens: SKY_FOX
TMC: BIGO
Toshiba: Toshiba
TOSHIBA BIOS
Kebanyakan laptop Toshiba dan beberapa dekstop akan melewatkan password BIOS jika tombol shift kiri di tekan selama waktu booting
IBM APTIVA BIOS
Tekan kedua tombol mouse secara berulang-ulang selama booting
Software Craking Password
Software2 berikut dapat Anda gunakan untuk meng-crack atau me-reset BIOS dari berbagai macam chipset. Jika PC Anda terkunci dengan sebuah password Administrator BIOS yang tidak mengijinkan Anda mengakses floppy drive, utilitas2 ini mungkin tidak bisa Anda gunakan. Begitu juga, dikarenakan utilitas2 ini tidak berasa dari pabrikan pembuatnya, gunakan mere secara hati2 dan silakan tanggung resikonya oleh diri Anda sendiri.

- Cmos password recovery tools 3.1
- !BIOS (dapatkan artikel mengenai bagaimana cara penggunannya)
- RemPass
- KILLCMOS
Menggunakan jumper "Clear CMOS" pada motherboard atau men-dipswitch settingan
Banyak dari fitur2 motherboard (disingkat mobo) serangkaian jumper atau dipswitch yang dapat membersihkan CMOS dan menghapus semua settingan di dalamnya termasuk password BIOS. Lokasi dari jumper/dipswitch ini bermacam-macam tergantung pada pabrikan mobonya dan sebaiknya Anda melihat dokumentasi dari pabrikan komputer atau mobo tersebut. Jika dokumentasinya tidak tersedia, jumper/dipswitch kadang2 dapat Anda temukan di pinggiran mobo, di dekat baterai CMOS, atau dekat prosesor. Beberapa pabrikan memberikan nama jumper/dipswitch dengan tulisan
CLEAR - CLEAR CMOS - CLR - CLRPWD - PASSWD - PASSWORD - PWD. Pada komputer laptop, dipswitch ini dapat ditemukan di bagian bawah keyboard atau di dalam bagian bawah laptop.

Mohon diingat agar selalu mencabut kabel power (listrk) PC Anda dan gunakan alas kaki sebelum menyentuh bagian2 dalam komputer Anda (meliputi mobo). Setelah Anda menemukan jumper/dipswitch dan mengambil jumper tersebut, silakan menyalakan komputer Anda dapat diperiksa apakah password sudah kosong. Jika sudah, matikan komputer dan pasang lagi jumper /dipswitch tadi ke tempatnya semula.
Mengambil baterai CMOS
Pengaturan CMOS pada kebanyakan sistem di simpan sementara pada buffer oleh baterai kecil yang ditancapkan pada motherboard (disingkat mobo), mirip baterai jam tangan yang kecil. Jika Anda telah mematikan PC dan mencabut baterainya selama kurang lebih 10-15 menit, CMOS akan me-reset dirinya sendiri dan password akan kosong. (Begitu juga dengan pengaturan pada mesin2 tertentu, yakinkan bahwa Anda sudah mengenal cara2 konfigurasi ulang secara manual dalam pengaturan BIOS sebelum Anda melakukannya). Beberapa pabrikan mem-backup (membuat cadangan) energi (power) ke dalam chipset CMOS dengan menggunakan sebuah kapasitor, jadi jika usaha pertama Anda gagal, biarkan baterai Anda selama kurang lebih 24 jam. Beberapa baterai disolder (penempelan dengan semacam timah/logam cair) ke mobo Anda sehingga membuat tugas ini semakin sulit. Membuka solder baterai secara tidak tepat dapat merusak mobo Anda dan komponen2 lainnya, jadi mohon untuk tidak melakukannya jika Anda tidak berpengalaman. Pilihan lainnya adalah mencabut sementara chip CMOS dari mobo dalam jangka waktu tertentu.
CATATAN: Pencabutan baterai untuk me-reset CMOS tidak berjalan mulus pada setiap PC, dan kebanyakan laptop2 terbaru menyimpan password BIOS dalam cara yang tidak membutuhkan power secara berkelanjutan, jadi pencabutan baterai CMOS mungkin tidak berguna sama sekali. Laptop IBM Thinkpad mengunci hard drive sebagaimana BIOS ketika password Supervisor diisi. Jika Anda me-reset password BIOS, namun tidak bisa me-reset password hard drive, Anda mungkin tidak bisa mengakses hard drive tersebut dan dia akan tetap terkunci, bahkan jika Anda letakkan hard drive tersebut di laptop baru/ IBM Thinkpads mempunyai jumper switch khusus pada mobo, dan inilah yang seharusnya digunakan untuk me-reset sistem.
Overloading the KeyBoard Buffer
Pada beberapa sistem komputer, Anda dapat memaksakan CMOS untuk memasuki layar etup saat boot dengan melakukan overloading pada buffer keyboard. Hal ini dapat dilakukan dengan mem-booting komputer Anda dengan cara keyboard dan mouse tidak tertancap pada sistem, atau pada beberapa sistem dengan menekan tombol ESC melebihi 100 kali dalam waktu yang cepat.
Jumping the Solder Beads on the CMOS
Ada kemungkinan lain untuk me-reset CMOS dengan menghubungkan atau melakukan pintasan manik2 solder pada chipset. Terlalu banyak chipset untuk ditemukan, pada titik mana untuk dilakukan pintasan pada masing chipset, dan lokasi dari manik2 solder dapat bermacam-macam, tergantung pabrikannya, jadi silakan memeriksa dokumentasi mobo Anda untuk detilnya. Teknik ini tidak disarankan bagi yang tidak berpengalaman dan sebaiknya dilakukan hanya sebagai usaha terakhir saja.

Using a professional service
Jika pabrikan dari laptop atau PC desktop tidak dapat atau tidak mau me-reset password BIOS Anda, Anda masih punya pilihan untuk menggunakan layanan profesional. Perusahaan Password Crackers, Inc., menawarkan berbagai macam layanan untuk komputer desktop dan laptop dengan biaya sekitar $100 dan $400. Untuk kebanyakan dari layanan ini, Anda membutuhkan beberapa bukti kepemilikan resmi terhadap komputer Anda. Hal ini mungkin agak sulit jika Anda mendapatkan komputer dari tangan kedua (second hand) atau dari pembelian secara online.


Password Master BIOS:
Award:
master
PASSWORT
setup
?award
admin
alfarome
aLLy
aPAf
award
award_?
award.sw
AWARD SW
AWARD_SW
AWARD_PW
award_ps
AWARD?SW
awkward
BIOS
bios*
biostar
biosstar
CONCAT
CONDO
condo
g6PJ
h6BB
HELGA-S
HEWITT RAND
HLT
j09F
j256
j262
j322
j64
lkw peter
key
master key
SER
SKY_FOX
SWITCHES_SW
Sxyz
TTPTHA
TzqF
wodj
ZAAADA
zbaaaca
zjaaadc


AMI:
ami
amidecod
amipswd
AMIPSWD
AMI
A.M.I.
aammii
AMI~
amiami
AMI.KEY
AMISETUP
AMI_SW
bios310
BIOSPASS
CMOSPWD
KILLCMOS
master
589589
ami.kez
ami°

Advantace Integration:
Advance
Biostar:
Biostar
Q54arwms


Concord:
last
CTX International:
CTX_123
Daewoo:
Daytec
Daewuu
DELL:
DELL
Digital Equipment:
komprie
Freetech:
Posterie
HP Vextra Serie:
hewlpack
IBM:
IBM
MBIUO
sertafu
Mach Speed:
sp99dd
Megastar:
Star
Toshiba:
24Banc81
Toshiba
toshy99
WIMBIOS BIOS:
Compleri


Zenith:
3098z
Zenith
Micron:
sldkj754
xyzall
Miconics
QDI:
QDI
Quantex:
teX1
Research:
Col2ogro2
Shuttle:
Spaceve
Siemens Nixdorf:
SKY_FOX
Super Micro:
ksdjfg934t
TMC:
BIGO
dn_04rjc

Tidak ada komentar: